preloader
Dokter

Instalasi Gas Medik berpengaruh langsung terhadap hidup Pasien

Hospital doctors examine patients so that

Instalasi Gas Medis Rumah sakit memiliki peran sangat penting sebagai pendukung kehidupan yang berpengaruh langsung dalam hidup pasien.  Yang dirancang khusus untuk menyediakan, mengelola, dan mengontrol pasokan gas – gas medis yang digunakan dalam berbagai prosedur medis dan perawatan kesehatan.

Lalu bagaimana dengan Instalasi Gas Medis di Rumah Sakit Syamrabu?

Kepala Instalasi Gas Medis UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan, Evie Agustinie, S.Kep.Ns menyatakan dalam pengelolaannya Gas medik menggunakan oksigen dalam bentuk tabung 1M3, Tabung 6M3, dan Liquid oksigen yang dikemas dalam tangki kapasitas 3000 galon dan disalurkan melalui instalasi Pipa gas Medik.

Evie menuturkan Pengisian tabung 1M3 dan 6M3 dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan menukarkan tabung yang kosong dengan yang isi kepada penyedia tabung ini yang sudah ditunjuk.

“untuk pengisian liquid pengisiannya 1-2 kali dalam seminggu sesuai kondisi level tangki dan jumlah pemakaian,” ujarnya

Evie mengungkapkan dalam pendistribusian tabung ke ruangan,petugas IGM melakukan survei atau pendataan ke semua ruangan mengenai jumlah tabung yang kosong baik itu tabung 1M3 maupun 6M3,satu jam sebelum shifnya berakhir.

“Tidak menutup kemungkinan permintaan lewat telepon ruangan kebutuhan tabung di ruangannya,”kata perempuan berhijab tersebut.

Petugas gas medik dalam mendistribusikan tabung ke ruangan  mempunyai standart mutu pelayanan yaitu tidak lebih 120 mnt dalam mendistribusikan semua ruangan,selain itu terpenuhinya stok tabung di setiap ruangan sesuai data yang sudah disepakati bersama.

Evie juga menyatakan selalu dilakukan pemeliharaan dan pengawasan secara berkala agar  Gas Medik berjalan aman dan lancar sehingga pelayanan untuk pasien tidak terganggu.

“kami bekerja sama dengan IPS RS dalam pemeliharaan dan pengawasan,” Tuturnya

Sebagai kepala Instalasi beliau  berharap petugas dalam menjalankan tugasnya menggunakan APD yang tepat agar aman dalam pelaksanaan tugasnya.(Riy)