preloader
Dokter

PERSIAPKAN REMAJA UNTUK GENERASI SEHAT DAN BERPRESTASI

Hospital doctors examine patients so that

Remaja merupakan  masa transisi antara anak-anak dan dewasa dengan batasan usia antara usia 12 tahun sampai 24 tahun. Masa remaja harus konsumsi makanan dengan gizi cukup karena  tingginya aktifitas fisik dan aktifitas otak serta ditambah lagi dengan masa pertumbuhan yang sedang terjadi.

Ahli Gizi UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan Rita Agustina, S.Gz  menyatakan usia remaja akan terjadi peningkatan nafsu makan yang besar tapi tidak masalah asalkan sehat, bergizi serta tidak berlebihan.

Menurut Rita remaja membutuhkan zat gizi makro seperti karbohidrat, lemak, dan protein maupun zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral dalam memenuhi kebutuhan energy untuk melakukan aktifitas fisik sehari –hari.

“Kebutuhan energi remaja laki-laki dan perempuan berbeda, remaja laki – laki membutuhkan energy lebih besar dibandingkan perempuan,”tuturnya.

Remaja berstatus gizi baik menjadi salah satu upaya pencegahan stunting dan penurunan angka kematian ibu dan anak.

Perempuan berhijab itu  mengungkapkan Jika kebutuhan gizi pada masa ini tidak terpenuhi  maka akan menyebabkan gangguan dan hambatan dalam masa pertumbuhan remaja. Beberapa masalah asupan gizi pada remaja diantaranya  Gangguan Makan, Obesitas, Kurang Energi Kronik, dan Anemia.

“obsesi untuk menguruskan badan bisa menyebabkan gangguan makan. Sangat mengontrol asupan makanannya sehingga kehilangan Berat badan  secara drastis, bahkan sampai tidak mengalami menstruasi karena gangguan hormonal,”tambahnya

Rita Juga memberikan Tips – tips Gizi seimbang pada remaja, diantaranya :

  1. Konsumsi makanan dengan beraneka ragam. Semakin beragam jenis makanan yang kita konsumsi, semakin terpenuhi kebutuhan asupan gizi kita.
  2. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Perilaku hidup bersih sangat penting untuk menjauhkan diri dari penyakit seperti infeksi kuman, bakteri, atau virus.
  3. Melakukan aktifitas fisik. Dengan aktifitas Fisik maka akan menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan penyakit serius lainnya.
  4. Menjaga berat Badan Ideal. Berat Badan harus dipantau agar tidak mengalami underweight atau bahkan obesitas.

Rita juga berpesan untuk  mempersiapkan remaja sedini mungkin dan semaksimal mungkin untuk  melahirkan generasi yang sehat dan berprestasi dengan memperhatikan asupan gizi sekarang dan nanti. (Riy)