preloader
Dokter

LAYANAN UNGGULAN SEBAGAI INOVASI PELAYANAN (DALAM UPAYA PENGELOLAAN PENGADUAN SEBAGAI UPAYA UNTUK PERBAIKAN DAN PENGEMBANGAN LAYANAN DI UOBK RSUD SYAMRABU BANGKALAN)

Hospital doctors examine patients so that

Pengaduan adalah bentuk kepedullian/pengawasan pasien dan keluarga terhadap pelayanan yang diberikan oleh UOBK RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan. Hal ini di sesuaikan dengan regulasi yang sudah ditetapkan di Permenkes No 13 Tahun 2017.

Beberapa kasus terjadi dimana pasien merasa tidak puas dengan pelayanan di rumah sakit, namun bingung ke mana harus mengadu. Di mata orang awam, rasanya percuma mengadu karena sesama orang rumah sakit pasti akan saling melindungi. Apa yang seharusnya dilakukan?

Terkait adanya keluhan pasien, Direktur UOBK RSUD Syarifah Amabami Rato Ebu (Syamrabu) Bangkalan menjelaskan bagaimana seharusnya pasien bertindak agar tidak terjadi kesalahpahamanan dan terjalin komunikasi yang baik. Pasien dan keluraga selaku pengguna layanan terfasilitasi, Rumah Sakit sebagai pemeberi layanan mengetahui jika ada hal yang harus dibenahi atau di evaluasi.

Direktur menegaskan kembali jika pasien merasa kurang puas dengan pelayanan rumah sakit, bisa datang ke bagian pengaduan yang tersedia di semua rumah sakit, dan akan ditinjaklanjuti Kembali. Saluran pengaduan secara langsung akan di layani di ruang Promkes Lt 3. Sementara secara digital pekayanan bisa disampaikan melalui WA Pengaduan/Center Pengaduan di nomor : 081252525117. Bisa juga pengaduan disampaikan memalui platform medsos akun resmi milik RSUD Syamrabu Bangkalan. Diantaranya ; web site, You Tube, Facebook (FB), Twitter, Tik Tok maupun Instagram. Tidak ketinggalan pasien dan keluarga juga bisa memberikan ulasan di saluran yang paling mudah dicari di internet, yakni Google.

Sementara untuk saluran pengaduan resmi yang disediakan oleh pemerintah provinsi melalui aplikasi e-Sukma (elektronik survei kepuasan Masyarakat). Pihak Kementerian PAN-RB juga menhyediakan aplikasi SP4N Lapor. Masyarakat tinggal memilih lewat saluran mana.

Seluruh platform medsos milik RSUD Syamrabu Bangkalan juga bisa diakses melalui aplikasi Syamrabu Mobile. Aplikasi ini dirancang khsusus untuk membantu proses registrasi pasien untuk mendapat layanan poli rawat jalan, sekaligus disediakan fitur untuk bisa mengakses seluruh platform medsos untuk melayani pengaduan.

Yang lebih penting dari itu adalah, seluruh civitas hospitalia RSUD Syamrabu Bangkalan siap mengevaluasi setiap pengaduan yang masuk dan sekaligus memperbaiki atau menindaklanjuti setiap pengaduan. Akan dipastikan untuk dilakukan perbaikan. Setiap pengaduan akan di komunikasikan dengan bidang atau unit yang menjadi sorotan pengaduan. Mengkomunikasikan dan mencari akar masalah dan mencari solusinya. Selalu ada Upaya dilakukan komunikasi interaktif dengan pasien yang memberikan pengaduan.

Semangat inilah yang menjadi budaya pelayanan di lingkungan civitas RSUD Syamrabu Bangkalan. Terus bersinergi dalam kinerja sambil memciptakan inovasi baru dalam pelayanan.

Satu sisi terus memperhatikan sekaligus menindaklanjuti pengaduan yang masuk, sisi lain RSUD Syamrabu juga terus menerus mengembangkan inovasi layanan untuk memperluas jangkauan layanan untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan bukan hanya untuk Masyarakat Bangkalan tetapi juga untuk luar daerah Bangkalan.

Beberapa inovasi layanan yang mendapatkan apresiasi sebagai Organisasi Pemerintah Daerah yang terinovatif adalah :

  1. Layanan Taromah (Antar Obat Sampai Rumah) : layanan pasien geriatric.
  2. Layanan AMPIBI (Ambulan Peduli Tretan Dibi’) : Antar jemput pasien ke RS
  3. Layanan Homecare Padha Bheres : Layanan perawatan luka di rumah.
  4. Layanan Bersema (Bersalin Sehat Antar Sampai Rumah).
  5. Layanan Syamrabu Mobile : Layanan pendaftaran online.
  6. Layanan Canting : Cara Aktif Mengatasi Stunting.
  7. Layanan Duwe’  Beres : Beres Sake’na. Beres KTP nya. Untuk pasien yang masuk ke RS yang belum memiliki identitas kependudukan/KTP.
  8. Layanan Katerisasi Jantung (Cathlab). Dan ruangan khusus penyakit jantung.
  9. Layanan Sambang (Syamrabu menyapa Masyarakat Bangkalan) : Dokter spesialis turun langsung ke Masyarakat untuk memberikan edukasi Kesehatan.
  10. Layanan stroke centere : Pusat layanan untuk pasien stroke.
  11. KMS (Knowledge Manajemen System) : Aplikasi untuk mengoptimalkan pengelolaan pengetahuan dan informasi didalam rumah sakit, yang terintegrasi dengan Web Profile Rumah Sakit

Tiga layanan inovasi terakhir masih akan di rencanakan launching tahun depan. Pengembangan layanan medik juga sudah dilakukan, seperti layanan CT Scan 128 slides, layanan Mamografi, layanan endoscopy, layanan Bronchoscopy, dan lain-lainnya. Hal ini juga di imbangi dengan pemenuhan sarana dan tenaga SDM dokter spesialis yang kompeten.

Penghargaan di tahun 2022 s.d 2023 yang diraih bukan hanya dari Pemerintah Kabupaten Bangkalan sendiri, juga dari Lembaga swasta pemerhati pelayanan Masyarakat, organisasi media massa, bahkan Lembaga Tingkat Tinggi setingkat Kementrian PAN dan RB.

Diawal tahun 2024 ini kami masih pekerjaan rumah yang masih belum rampung. Yakni Pendaftaran rawat jalan. Masih didiskusikan secara intens. Atas arahan direktur, pendaftaran rawat jalan harus bisa memperhatikan pasien disabilitas, lanjut usia, bayi dan Wanita hamil. Tidak ketinggalan pasien post operasi yang harus difasilitasi dengan alat (kursi roda atau brankart) juag harus mendapat perioritas. Pasien BPJS harus terus di edukasi agar bisa secara mandiri untuk bisa mendaftarkan lewat alat ADM (Anjungan Daftar Mandiri) ke poli rawat jalan yang dituju. Bagi yang terpaksa harus berdiri dan antri, masih akan diupayakan model pendaftaran yang lebih nyaman. Aplikasi Syamrabu Mobile diharapkan terus bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat untuk membantu proses pendaftaran poli rawat jalan.

Apalagi di awal tahun, pihak RSUD Syamrabu Bangkalan mendapat kinjungan dan inpeksi langsung oleh PJ Bupati, akan menjadi pemacu dan pemicu untuk terus memperbaiki dan mengembangkan layanan Kesehatan di tahun 2024.