preloader
Dokter

PESONA MELATI

Hospital doctors examine patients so that

Melati Merupakan salah satu Ruang Perawatan rawat inap yang dikhususkan untuk neonatus     ( bayi ) yang berusia 0 hari s/d 28 hari . Kriteria bayi yang dirawat di ruangan ini adalah semua bayi yang lahir secara Saecar ( SC ) untuk diobservasi dan bayi membutuhkan perawatan lebih lamjut dikarenakan terdapat gangguan pada tubuhnya seperti : sesak, tidak menangis / merintih, ikterik ( kuning ), BBLR ( Berat Badan Lahir Rendah ), serta bayi yang mengalami kelainan fisik / cacat misal : Atresia Ani, Atresia Duodenum, Atresia Esofagus dll.

Lama perawatan bayi tergantung dari respon tubuh bayi, Untuk bayi yang terpasang alat bantu pernafasan seperti CPAP perawatannya antara 10 - 14 hari, untuk bayi yang terpasang ventilator bisa sampai 15 – 40 hari perawatan ( terutama untuk bayi yang BBLR ). Untuk bayi yang keluhannya ringan seperti ikterik, mencret, panas lama perawatannya sekitar 3 - 5 hari perawatan. Bayi diperbolehkan pulang apabila sudah tidak ada keluhan, sudah tidak terpasang alat dan bisa menyusu tanpa alat bantu. Spesifik ruangan ini adalah tidak adanya  jam berkunjung / jam besuk, yang ada hanya jam menyusui sehingga yang diperbolehkan masuk hanya bapak dan ibu bayi. Pelayanan di ruang Melati dilakukan oleh perawat dan bidan professional yang siap melayani dengan senyum, ramah dan telaten selama 24 jam dan dokter spesialis anak  yang standby 24 jam.

Ruang melati mempunyai ruangan yang cukup luas, bersih dan nyaman. Jumlah kapasitas tempat tidur ruang melati sebanyak 32 tempat tidur dengan pembagian 13 tempat tidur untuk ruang NICU dan 19 tempat tidur untuk ruang non kelas. Untuk Pembiayaan semua tindakan kami melayani pasien umum, BPJS mandiri, BPJS PBI (penerima bantuan iuran), BPJS PNS/TNI/POLRI, BPJS perusahaan, asuransi dan bahkan untuk pasien yang tidak memiliki jaminan kesehatan bisa menggunakan program UHC ( universal health coverage ) hanya dengan persyaratan KTP dan KK .

Jumlah SDM :

26 orang dengan rincian : 

  • S1 Ners Keperawatan sebanyak 10 orang
  • D4 Kebidanan sebanyak 5 orang
  • D3 keperawatan sebanyak 3 orang
  • D3 Kebidanan sebanyak 7 orang

Nama – nama DPJP :

  1. dr. Indah Sulistyani, Sp. A.
  2. dr. Mega Malynda, Sp. A. M. Ked. Klin.
  3. dr. Fitrih Rahmawati S. , Sp. A. M. Ked. Klin 
  4. dr. Arief Oktavian, Sp. BA.

Produk Layanan Unggulan

  1. Kemampuan menangani BBLR ( 1500 gram – 2500 gram ) dan BBLSR ( < 1000>
  2. Kemampuan menangani bayi dengan asfiksia
  3. Kunjungan rumah untuk bayi BBLR ( Berat bayi < 2000>
  4. Mengantar bayi BBLR yang lahir di RS
  5. Mendukung ASI eksklusif dengan menyediakan ruangan pojok laktasi ( ruangan untuk memompa ASI ).