preloader
Dokter

Tindakan Operasi Membuat Lubang Anus pada Bayi (Health Issue) | dr. Arif Oktavian, Sp.BA

Hospital doctors examine patients so that

Keadaan Bayi Lahir Tanpa Dubur/Anus atau yang juga disebut Atresia Ani menjadi topik pembahasan kali ini di Health Issue (HI Syamrabu) bersama dr. Arif Oktavian, Sp.BA.

Apa itu PSARP ?

PSARP atau Posterosagital anorectoplasty adalah Tindakan operasi untuk membuat lubang dubur/anus pada pasien bayi/anak laki maupun perempuan.Harapannya adalah pasien anak tersebut bisa melakukan BAB seperti orang normal.

Informasi dan Edukasi akan lebih baik jika bertemu langsung dengan dr. Arif Oktavian, Sp.BA di poli Spesialis Bedah Anak. Poli ini berada di Gedung Poli Spesialis Rawat Jalan RSUD Syamrabu Bangkalan.

Hal yang sangat penting pada kasus ini adalah pemberian informasi dan edukasi yang sejelasnya untuk dapat dipahami oleh orang tua atau keluarga pasien. Sehingga dapat menunjang kesembuhan pasien.

Bagi pasien yang memiliki kelainan bawaan ini, segera bawa ke RSUD Syamrabu Bangkalan, tidak perlu khawatir terkait biaya karena dapat ditanggung BPJS dan pasien dapat langsung meminta rujukan ke poli bedah anak dari puskesmas atau RS tipe D atau C. Bila pasien umum dapat langsung konsultasi ke poli Bedah Anak.

Sampai saat ini, pasien yang dilayani di poli Bedah Anak juga meliputi luar Kabupaten Bangkalan. Tidak Perlu Takut jika Putra / Putri Bapak Ibu sekalian mengalami kelainan kongenital anak lahir tanpa lubang dubur atau anus.

Informasi pendaftaran bisa melalui Call/WA Center : 081252525117