preloader
Dokter

Arthroscopy supra spinatus tear shoulder

Hospital doctors examine patients so that

Artroskopi (arthroscopy) adalah prosedur bedah untuk mendiagnosis dan mengobati masalah pada sendi. Pada prosedur ini, dokter menggunakan alat bernama artroskop, yaitu tabung kecil yang dilengkapi dengan kamera video dan lampu, ke dalam sendi.

Alat tersebut memungkinkan dokter untuk melihat ke dalam sendi tanpa perlu membuat sayatan besar, minim rasa sakit dan risiko infeksi, serta waktu penyembuhan yang lebih cepat. Dengan alat ini, dokter dapat memperbaiki beberapa jenis kerusakan di area sendi, termasuk tendon atau urat disekitarnya.

Umumnya, dilansir dari dokter orthopaedi RSUD Syamrabu Bangkalan, dr. Ida Bagus Adi Prayoga, Sp.OT, menggunakan prosedur ini untuk melihat berbagai area sendi di tubuh pasien terutama di bagian lutut, bahu, dan pergelangan kaki merupakan jenis sendi yang paling sering mendapat prosedur ini.

Hari ini, Selasa 03 Oktober 2023, sukses dilaksanakan prosedur arthroscopy pada urat bahu kanan yang mengalami robek. Kegiatan operasi dilakukan  di Ruang Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSUD Syamrabu. Pada kesempatan ini dokter ortho yang menangani (dr. Ida Bagus Adi Prayoga, Sp.OT) didampingi oleh Tim Bedah Sentral beserta crew pendukung lainnya, sehingga operasi dapat berjalan lancar dan sukses.

Pasien yang ditangani oleh tim adalah perempuan asal Wilayah Kecamatan Kamal. Pada awalnya merasakan nyeri di pundak/bahu sisi kanan selama sekitar 6 bulan. Sebelum dilakukan tindakan prosedur ini, pasien sudah melakukan pengobatan fisioterapi dan pemberian obat, tapi belum bisa memulihkan rasa nyeri yang dideritanya.

Di poli orthopaedi, pasien dilakukan pemeriksaan dan foto rontgen dan MRI (magnetic resonance imaging), didapatkan hasil foto yang rinci dan mendalam. Tampak ada robekan pada tendon/urat sisi bahu sebelah kanan. Sehingga pasien terus mengalami nyeri atau sakit terutama saat mengangkat tangan.

Melalui prosedur ini sangat minimal dilakukan pembedahan. Hanya 3 sayatan kecil sepanjang kira-kira 1 cm, dan dilakukan dengan alat alat prosedur artroskopi dan evaluasi dibawah monitor yang terhubung melalui kamera video. Manfaat yang akan dirasakan adalah luka pasca operasi akan lebih cepat pulih bila dibandingkan dengan metode operasi terbuka.

Pasien tersebut kini dirawat di ruang Anggrek ini menggunakan fasilitas BPJS Kelas I,  sehingga pasien sedikitpun tidak keluar biaya dalam menerima layanan yang diberikan selama tindakan operasi dan perawatan. Sisi lain ruangan Anggrek  mengadakan kegiatan Briefing pada keluarga penunggu pasien setiap hari Senin, Rabu dan jumat. Dimana kegiatan ini bersifat Edukasi, Motivasi serta pendekatan emosional. Sehingga tentunya pasien dan keluarga dapat lebih paham terhadap kondisi yang diderita dan diharapkan pasien segera membaik dan beraktivitas seperti semula.

Selamat dan Sukses Dokter Othopedi, Tim Instalasi Bedah Sentral dan  Ruang Rawat Inap RSUD Syamrabu Bangkalan.