preloader
Dokter

Tim medis spesialis bedah saraf UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan berhasil melakukan operasi spina bifida jenis Mielomeningokel

Hospital doctors examine patients so that

Diberitakan tim IBS (Instalasi Bedah Sentral) melakukan operasi pada hari Senin, 27 November 2023, dimana kasus-kasus seperti ini sekarang sudah bisa ditangani di UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan

Spina bifida merupakan bagian dari kelompok penyakit yang disebut defek tuba neural.

Tuba neural merupakan struktur pada janin yang akan berkembang menjadi otak dan saraf tulang belakang pada bayi, serta jaringan yang menyelimutinya. Secara umum, tuba neural mulai terbentuk pada tahap awal kehamilan, dan menutup pada 28 hari setelah konsepsi.

Pada bayi dengan spina bifida, sebagian dari tuba neural gagal berkembang atau menutup secara sempurna. Hal ini menyebabkan terjadinya kelainan pada saraf tulang belakang dan tulang belakang.

Spina Bifida ( Kelainan Bawaan Tabung Saraf ) adalah kelainan bawaan lahir yang ditandai dengan keluarnya selaput otak/sumsum tulang belakang melalui tulang kepala/tulang belakang yang menyebabkan tonjolan di garis kepala dan tengah punggung yang bisa disertai dengan jaringan otak atau sumsum tulang belakang.

Spina bifida dapat bervariasi dari derajat ringan hingga berat, bergantung dari tipe kelainan yang terjadi, ukuran, lokasi, dan komplikasi. 

Jenis-jenis Spina Bifida :

1. Spina Bifida Occulta

Jenis ini termasuk yang jarang menimbulkan gejala tidak melibatkan saraf tulang belakang. Tanda dari jenis ini adalah terlihat rambut di punggung bayi baru lahir.

2. Spina Bifida Meningokel

Jenis ini memiliki celah pada ruas tulang belakang yang lebih besar. Jenis ini terdapat selaput pelindung saraf tulang belakang yang mencuat keluar dari celah sehingga membentuk kantung.

3. Spina Bifida Mielomeningokel

Jenis yang merupakan derajad berat. Terdapat kantung yang keluar dari celah tulang belakang berisi cairan dan sebagian saraf tulang belakang.

4. Spina Bifida Ensefalokel

Jenis ini terjadi akibat kegagalan pembentukan tulang tengkorak sehingga sebagian jaringan otak keluar ke dalam kantung selaput membran melalui celah-celah di tulang tengkorak.


Pasien yang menjalani operasi didiagnosis spina bifida jenis
Mielomeningokel. Ini merupakan bayi laki-laki berusia 4 hari dan berasal dari wilayah tanah merah. Tim Instalasi Bedah Sentral UOBK RSUD Syamrabu yang menangani kasus ini terdiri dari 2 orang dokter spesialis bedah saraf, 1 spesialis anastesi serta perawat bedah dan penata anestesi.

Bagi keluarga pasien dan tim, operasi ini merupakan perjuangan agar bayi kelak bisa tumbuh secara baik. Tentunya pasca operasi akan membutuhkan kerjasama yang baik dari pihak keluarga dan tim medis. Dengan perawatan dan dukungan tepat, banyak anak dengan spina bifida dapat bertahan hidup hingga dewasa. Kondisi ini dapat menantang untuk dijalani, tapi banyak orang dewasa dengan spina bifida mampu menjalani kehidupan mandiri secara baik. Amiiin.

Selamat dan Sukses Tim Instalasi Bedah Sentral UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan.