Jum’at, 01 Desember 2023, bertempat di Aula
Lt 4 UOBK RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) Bangkalan, dr. Farhat Surya
Ningrat, Sp.KK., FINSDV selaku direktur memberikan pengarahan dan pembinaan
kepada 70 staff ASN (PNS dan PPPK).
Mobilisasi ASN ini dalam rangka untuk
diberikan tugas tambahan secara terjadwal membantu pelayanan proses
administrasi (pendaftaran) pasien, baik pasien Rawat Jalan maupun Rawat Inap.
“Mulai 1 Desember 2023 semua staff ASN di
manajemen akan dijadwal supervisi secara sistematis untuk membantu melayani
pasien saat registrasi di Front Office (FO), baik pasien rawat jalan maupun
IGD,”ujar direktur mengawali pengarahan.
Registrasi pasien rawat jalan dilaksanakan
di area lobby Gedung utama UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan. Di area ini sudah
tertata meja pendaftaran loket 1 sampai 6. Juga tersedia mesin ADM (Anjungan Daftar Mandiri) sebanyak
3 unit.
Untuk meja loket pendaftaran memiliki
fungsi yang berbeda. Meja loket 1 untuk pendaftaran pasien disabilitas, loket 3
untuk pasien umum yang belum memiliki nomor rekam medik (pasien baru). Meja loket 2 untuk
melayani pasien baru BPJS. Dalam kondisi tertentu loket 2 bisa melayani semua
pasien. Sementara itu meja loket 4 untuk proses cetak lembar kontrol saat
pendaftaran (hari ini), meja loket 5 cetak lembar kontrol selanjutnya. Terakhir,
meja loket 6 untuk melayani pendaftaran pasien proses masuk RS (opname) untuk
melaksanakan operasi elektif (tidak emergensi).
Untuk Unit ADM sebanyak 3 unit digunakan
untuk proses registrasi pasien poli spesialis di rawat jalan yang sudah
memiliki nomor rekam medik dan digunakan untuk control/pemeriksaan ulang (pasien
lama), setelah dicetakkan lembar kontrol poli spesialis sebelumnya. Khusus
untuk unit ADM nomor 3 bagi pasien yang sudah melakukan registrasi online
menggunakan aplikasi syamrabu mobile.
“Untuk FO IGD ditugaskan di sore
hari,”imbuh beliaunya.
Diantara tugas penting supervisi ASN staf
manajemen ini adalah membantu Satpam dalam proses peminjamam kursi roda pasien
rawat jalan atau pengarahan dan penjelasan pengisian form untuk pasien rawat
inap di IGD. Selebihnya untuk membantu proses pelayanan administrasi.
“Senyum dan sikap hormat yang terstandard,
menjadi budaya pelayanan yang harus ditampakkan saat bertugas, “direktur
mengingatkan sebelum mengakhiri pengarahan.
Semoga Sukses untuk semua civitas
hospitalia UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan.