preloader
Dokter

Pemberdayaan Staf ASN untuk Membantu Pelayanan Registrasi Pasien

Hospital doctors examine patients so that

Jum’at, 01 Desember 2023, bertempat di Aula Lt 4 UOBK RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) Bangkalan, dr. Farhat Surya Ningrat, Sp.KK., FINSDV selaku direktur memberikan pengarahan dan pembinaan kepada 70 staff ASN (PNS dan PPPK).

Mobilisasi ASN ini dalam rangka untuk diberikan tugas tambahan secara terjadwal membantu pelayanan proses administrasi (pendaftaran) pasien, baik pasien Rawat Jalan maupun Rawat Inap.

“Mulai 1 Desember 2023 semua staff ASN di manajemen akan dijadwal supervisi secara sistematis untuk membantu melayani pasien saat registrasi di Front Office (FO), baik pasien rawat jalan maupun IGD,”ujar direktur mengawali pengarahan.

Registrasi pasien rawat jalan dilaksanakan di area lobby Gedung utama UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan. Di area ini sudah tertata meja pendaftaran loket 1 sampai 6. Juga tersedia mesin ADM (Anjungan Daftar Mandiri) sebanyak 3 unit.

Untuk meja loket pendaftaran memiliki fungsi yang berbeda. Meja loket 1 untuk pendaftaran pasien disabilitas, loket 3 untuk pasien umum yang belum memiliki nomor rekam medik (pasien baru). Meja loket 2 untuk melayani pasien baru BPJS. Dalam kondisi tertentu loket 2 bisa melayani semua pasien. Sementara itu meja loket 4 untuk proses cetak lembar kontrol saat pendaftaran (hari ini), meja loket 5 cetak lembar kontrol selanjutnya. Terakhir, meja loket 6 untuk melayani pendaftaran pasien proses masuk RS (opname) untuk melaksanakan operasi elektif (tidak emergensi).

Untuk Unit ADM sebanyak 3 unit digunakan untuk proses registrasi pasien poli spesialis di rawat jalan yang sudah memiliki nomor rekam medik dan digunakan untuk control/pemeriksaan ulang (pasien lama), setelah dicetakkan lembar kontrol poli spesialis sebelumnya. Khusus untuk unit ADM nomor 3 bagi pasien yang sudah melakukan registrasi online menggunakan aplikasi syamrabu mobile.

“Untuk FO IGD ditugaskan di sore hari,”imbuh beliaunya.

Diantara tugas penting supervisi ASN staf manajemen ini adalah membantu Satpam dalam proses peminjamam kursi roda pasien rawat jalan atau pengarahan dan penjelasan pengisian form untuk pasien rawat inap di IGD. Selebihnya untuk membantu proses pelayanan administrasi.

“Senyum dan sikap hormat yang terstandard, menjadi budaya pelayanan yang harus ditampakkan saat bertugas, “direktur mengingatkan sebelum mengakhiri pengarahan.

Semoga Sukses untuk semua civitas hospitalia UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan.