preloader
Dokter

PENDAMPINGAN PERSALINAN

Hospital doctors examine patients so that

      Salah satu moment paling mendebarkan bagi para wanita adalah menghadapi proses persalinan, tidak hanya bagi calon ibu, suami dan keluarga besarpun tak kalah dibuat panik saat memasuki waktu untuk menjalani proses kelahiran tersebut, apalagi kalau pengalaman tersebut adalah yang pertama bagi keluarga

      Kelancaran proses Persalinan dapat dilihat dari lamanya proses persalinan berlangsung, serta tidak mengalami komplikasi saat persalinan (Arsinah, 2010). Kenyataanya, masih banyak ibu bersalin yang mengalami ketidaklancaran proses persalinan dikarenakan ketakutan yang berlebih, sehingga menghambat proses persalianan. Pendampingan suami saat persalinan mempunyai peran penting bagi ibu karena dapat mempengaruhi Psikologis ibu.

      Penurunan angka kejadian komplikasi persalinan diperlukan peran serta keluarga (terutama suami), hal ini sejalan dengan kebijakan dan strategi pemerintah dalam rangka menurunkan angka kejadian komplikasi persalinan di Indonesia melalui program MPS (Making Pregnancy Safer). Hasil yang diharapkan dari strategi tersebut adalah meningkatkan peran aktif keluarga selama kehamilan dan persalinan (Depkes 2004 )

      Faktor - faktor yang mempengaruhi proses kelancaran persalinan diantaranya : Power (His, tenaga meneran), Passage, Passenger (Janin, Placenta), Psikis (salah satunya dipengaruhi oleh pendamping persalinan), Posisi, tempat persalinan dan penolong.

      Oleh karena itu, di ruang Camelia (VK dan Nifas) UOBK RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan, setiap proses persalinan didampingi oleh terdekat, baik itu suaminya ataupun ibu dari pasien tersebut, hal ini dilakukan agar ibu bisa lebih konsentrasi pada proses persalinan, ini akan mengurangi tingkat stres ibu menjelang persalinan dan membuat ibu merasa rileks sehingga persalinan bisa berjalan dengan lancar.

       Bagi warga madura pada umumnya, dan masyarakat Kota Bangkalan pada khususnya, jangan ragu untuk mempercayakan proses kelahiran buah hati anda di Ruang Camelia (VK dan Nifas) UOBK RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan. Dengan pelayanan prima yang diberikan oleh bidan di ruang Camelia ini, diharapkan persalinan dan kelahiran buah hati anda berjalan dengan lancar dan menjadi moment yang berkesan.