preloader
Dokter

Radiologi UOBK RSUD Bangkalan memberi pelayanan cepat, tepat, dan Akurat !!

Hospital doctors examine patients so that

UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan mempunyai Instalasi Radiologi untuk menunjang pelayanan Rumah sakit.  Sebagai instalasi Penunjang, radiologi memberikan pelayanan radiodiagnostik untuk membantu pasien dan klinisi dalam proses penegakan diagnosis. Instalasi Radiologi ini didukung oleh 3 orang dokter Spesialis Radiologi dan 9 orang radiografer yang memberikan pelayanan 24 jam yang cepat,  tepat, akurat dan nyaman.

Lalu Layanan apa saja yang tersedia di  instalasi Radiologi? Menurut Anita PS, S.Tr.Kes (Rad) selaku Kepala ruang Instalasi Radiologi UOBK RSUD Syamrabu bangkalan, layanan Radiologi yang diberikan antara lain :

1. Pelayanan Alat – alat berada di Instalasi Radiologi

a. Foto rontgen, meliputi Rontgen Polos (Kepala, Dada, Perut, Pergerakan tubuh atas dan Bawah) dan Rontgen menggunakan Media Kontras (Uretrografi, Cystografi, HSG, IVP, Appendicografi, Colon in loop, Lopografi, Fistulografi, OMD)

b. USG (Ultrasonografi), meliputi USG Kepala untuk bayi, Thyroid, Thorax marker, Abdomen atas dan Bawah, Urologi, Testis, Inguinal, Mamae, MSK dan USG Doppler

c. CT Scan, salah satu prosedur pencitraan menggunakan mesin pemindai berbentuk lingkaran besar yang digunakan dengan posisi berbaring, meliputi tindakan CT Scan polos dan CT Scan dengan kontras

d. Mammografi, pemeriksaan radiologi yang ditujukan untuk melihat ada atau tidaknya kelainan yang ada pada area payudara

2. Pelayanan Eksternal ( Alat – alat berada diluar Instalasi Radiologi)

a. Cyto bed yang berada di ICU untuk pasien yang tidak bisa ke radiologi. Jadi Petugas yang akan ke ruang ICU dengan menggunakan Mobile Unit.

b. ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), berada di OK merupakan alat untuk penghancur Batu pada saluran kencing

c. Cathlab, yang berada di Ruang Cathlab untuk Katerisasi Jantung

Anita menambahkan bahwa Instalasi Radiologi juga memiliki Inovasi yaitu PACS System.”Pasien sudah tidak perlu membawa Film hasil Pemeriksaan Radiologi, karena File sudah dalam bentuk file data dan langsung terhubung dengan komputer yang ada pada sim RS sehingga memudahkan dokter DPJP melihat langsung tanpa menunggu hasil lama.  Tentu saja hal ini lebih praktis dan menghemat waktu ataupun biaya,”ujarnya.

Anita juga menyatakan instalasi Radiologi memberikan diskon untuk pemeriksaan Mammografi, yaitu dengan biaya 500 ribu anda tidak hanya  mendapatkan layanan mammografi  tetapi juga layanan  USG.

Mulai sekarang jangan  ragu lagi memeriksakan  kesehatan anda di RSUD Syamrabu Bangkalan. Karena dengan sumber daya yang kami miliki kami akan memberikan pelayanan yang cepat dan akurat.

Salam sehat untuk kita semua !!!

(Riy)