preloader
Dokter

CSSD sebagai Ujung Tombak Kesehatan Alat/ Instrument di Rumah Sakit

Hospital doctors examine patients so that

Central Sterile Supply Department atau biasa disebut CSSD bagian yang memiliki andil cukup besar dalam mendukung kelancaran pelayanan di Rumah Sakit. CSSD merupakan salah satu instalasi yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan proses mulai dari pencucian /dekontaminasi, pengepakan dan sterilisasi peralatan bedah / peralatan lain yang dibutuhkan Rumah Sakit dalam merawat / melakukan tindakan kepada pasien.

Jika CSSD tidak ada, maka ada kemungkinan peningkatan terjadinya infeksi nosokomial yang menyebabkan peningkatan angka kematian, peningkatan jangka waktu rawat inap. Tentunya hal ini membuka mata kita akan pentingnya CSSD.

Secara umum CSSD dilihat sebagai bagian penting dari sebuah tindakan operasi di Instlasi bedah Sentral/OK karena pengguna terbanyak dari alat-alat steril adalah Instalasi bedah Sentral . namun CSSD juga menunjang sterilisasi bagi ruangan lain yang diharuskan untuk menggunakan alat-alat steril.

Lalu bagaimana alur CSSD? Menurut Luluk Mukarromah, S.Kep.Ns selaku Kepala Instalasi CSSD UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan, ada beberapa tahapan alur yang harus di lalui untuk sterilisasi Alat/ Instrument, antara lain :

1. Ruang Kotor

a. Petugas dari Ruangan OK/ ruangan lain  mengantarkan Instrumen kotor ke ruang CSSD

b. Petugas menerima barang dan kroscek jumlah dan jenis Instrument di hadapan pengirim Barang

c. Petugas membersihkan Instrumen dengan menggunakan mesin cuci

2. Ruang bersih

a. Setelah Instrument bersih  maka akan dimasukkan di ruang bersih dan dikeringkan di mesin pengering

b. Kroscek Instrumen

c. Pengemasan Instrument

d. Instrument disterilkan di mesin Sterilisasi

3. Ruang Steril

a. Instrumen yg sudah steril di simpan di ruang steril sblm di distribusikan ke ruangan- ruangan 

Luluk juga menyatakan untuk saat ini ada 1 mesin cuci, 2 mesin pengering, 1 mesin Sterilisasi suhu tinggi (Steam), dan 2 mesin sterilisasi suhu rendah. “Rencananya akan datang 1 mesin cuci dan 1 mesin sterilisasi suhu tinggi (Steam)”, tambahnya.

Luluk berharap apa yang dikerjakan saat ini dapat memperpanjang umur instrument – instrument Rumah sakit sehingga bisa meningkatkan efisiensi biaya dan Pelayanan juga berjalan optimal.(Riy)