preloader
Dokter

Instalasi Ambulans melayani dengan Aman, Cepat, Tepat, dan Profesional selama 24 Jam

Hospital doctors examine patients so that

Ambulans memiliki peranan sangat penting untuk mengoptimalkan pelayanan medis. Mobil Ambulance merupakan unit transportasi atau kendaraan medis yang dilengkapi dengan peralatan medis dan berfungsi untuk mengangkut serta memberikan pertolongan pertama untuk pasien selama dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Seperti halnya Instalasi Ambulans UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan, yang juga memberikan pelayanan Menjemput pasien kegawatdaruratan medis, mengantarkan pasien sembuh, menjemput/mengantarkan pasien rujukan hingga membawa (jenazah) pasien meninggal. Instalasi ambulans selalu buka 24 jam non stop karena ambulans selalu dibutuhkan setiap waktu.

Sebagai salah satu Instalasi Penunjang Pelayanan, instalasi Ambulans memiliki 7 armada Ambulans dengan fungsi penggunaan yang berbeda, diantaranya 1 untuk pengangkutan jenazah, 2 untuk rujuk pasien, 3 untuk transport, dan 1 Istirahat. Ambulans transport difungsikan untuk perpulangan pasien maupun penjemputan. Juga ada 8 driver dan 7 Perawat yang sudah berpelatihan dan sangat kompeten yang mendukung dalam pelayanan Ambulans.

Tidak mau ketinggalan juga untuk memperluas jangkauan pelayanan, instalasi ambulans juga mengeluarkan Inovasi “Ampibi”, yang artinya Ambulans Peduli Tretan dhibi’ (Ambulans Peduli Saudara Sendiri). Ampibi sudah aktif sejak tahun 2021 dan sudah ratusan pasien yang menerima pelayanan Ampibi. Ampibi memberikan pelayanan penjemputan terhadap pasien yang akan berobat ke Rumah sakit. Prosesnya pun mudah, tinggal telpon atau WA saja. Maka Tim Ampibi akan menjemput ke rumah pasien.

Menurut Rahmawati, A.md.Kep selaku Kepala Instalasi Ambulans UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan, Dengan Armada yang kita miliki dan personil  yang berpelatihan dan profesional kita mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Ampibi membantu masyarakat lebih mudah menjangkau Rumah sakit, dan pada pasien yang dijemput dari rumah untuk rawat inap di Rumah sakit Bangkalan tidak akan dikenakan biaya/ Tarif.

Dengan adanya Ampibi dapat membantu keterbatasan Masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan sampai ke pelosok dan memberikan pembaharuan di bidang kesehatan yang tepat sasaran,tepat guna dan membawa dampak manfaat yang besar, khususnya masyarakat kabupaten Bangkalan dalam meningkatkan derajat kesehatan yang optimal,jangkauan ke RS pun lebih mudah dan cepat,” Tuturnya 

Rahmawati juga berharap Ambulans semakin di kenal masyarakat Bangkalan terutama Ampibi sehingga memudahkan masyarakat menjangkau pelayanan kesehatan dan meningkatkan tercapainya taraf kesehatan masyarakat yang lebih baik .(Riy)