preloader
Dokter

Penyelenggaran makanan oleh instalasi Gizi mempercepat proses penyembuhan pasien

Hospital doctors examine patients so that

Citra sebuah rumah sakit di tentukan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pelayanan penunjang yang diberikan oleh rumah sakit tersebut. Pelayanan gizi di rumah sakit merupakan salah satu pelayanan penunjang rumah sakit yang memberikan pelayanan gizi secara berkesinambungan mulai dari perencanaan diet hingga evaluasi rencana diet di ruang rawat inap.

Lalu bagaimana bentuk pelayanan gizi di Rumah sakit?

Kepala Instalasi Gizi UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan, Sri Sulistiyawati, S.Kep,Ns menyatakan  bentuk pelayanan gizi rumah sakit berupa penyelenggaraan makanan bagi pasien yang di rawat di Rumah sakit.

Kegiatan penyelenggaraan makanan ini meliputi kegiatan pengadaan makanan hingga penyalurannya kepada pasien dengan mutu, jenis dan jumlah yang sesuai dengan rencana kebutuhan,” ujarnya

Instalasi Gizi UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan memiliki tanggung jawab dalam penyelenggaraan makanan di rumah sakit. Pemberian zat gizi yang optimal sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

“Menu sama untuk tiap pasien tapi disesuaikan dengan diet masing – masing pasien,” imbuhnya.

Dalam penyelenggaraan makanan untuk pasien tidak ada perbedaan menu untuk pasien BPJS maupun Umum. Menu berbeda setiap harinya karena daftar menu sudah dibuat per 6 bulan , dan di rolling per 10 hari.

“sehari pasien dapet jatah makan 3 kali dengan menu yang berbeda,”tambahnya

Sulis Berharap instalasi gizi dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi pasien, membantu mempercepat proses kesembuhan dan memperpendek hari rawat.(Riy)