Citra sebuah rumah
sakit di tentukan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pelayanan penunjang yang diberikan oleh rumah sakit
tersebut. Pelayanan gizi di rumah sakit merupakan salah satu pelayanan penunjang rumah sakit yang
memberikan pelayanan gizi secara berkesinambungan mulai dari perencanaan diet
hingga evaluasi rencana diet di ruang rawat inap.
Lalu bagaimana bentuk pelayanan gizi di Rumah sakit?
Kepala Instalasi Gizi UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan, Sri Sulistiyawati, S.Kep,Ns menyatakan bentuk pelayanan gizi rumah sakit berupa penyelenggaraan makanan bagi pasien yang di rawat di Rumah sakit.
“Kegiatan penyelenggaraan
makanan ini meliputi kegiatan pengadaan makanan hingga penyalurannya kepada
pasien dengan mutu, jenis dan jumlah yang sesuai dengan rencana kebutuhan,” ujarnya
Instalasi
Gizi UOBK RSUD Syamrabu Bangkalan memiliki tanggung jawab dalam penyelenggaraan
makanan di rumah sakit. Pemberian
zat gizi yang
optimal sesuai dengan
kondisi dan kebutuhan pasien.
“Menu
sama untuk tiap pasien tapi disesuaikan dengan diet masing – masing pasien,” imbuhnya.
Dalam penyelenggaraan makanan untuk pasien tidak ada perbedaan menu untuk pasien BPJS maupun
Umum. Menu berbeda setiap
harinya karena daftar menu sudah dibuat per 6 bulan , dan di rolling per 10
hari.
“sehari pasien dapet jatah makan 3 kali dengan menu
yang berbeda,”tambahnya
Sulis Berharap instalasi gizi dapat memenuhi kebutuhan
gizi bagi pasien, membantu mempercepat proses kesembuhan dan memperpendek hari
rawat.(Riy)